Pengalaman Jual-Beli Tanah / Rumah / Ruko

Penulis akan berbagi pengalaman mengenai jual-beli tanah / rumah / ruko. Merupakan kebutuhan primer yang ketiga yang terdiri dari Sandang, Pangan, “Papan”. Sebenarnya 1 langkah awal yang harus dilakukan adalah harus pandai menawar harga entah itu dari harga tanah, rumah, ruko, meski kita tidak paham betul tentang hal ini. Survey sedikit harga tanah sekitar tempat membeli, karena teknik marketing penjual rumah / ruko cukup menjerumuskan (hati-hati terhadap developer nakal). Setelah survey dilakukan, bila harga terpaut jauh dan lebih mahal dengan harga tanah yang dijual, lebih baik jangan order dulu.
Langkah selanjutnya, buat relasi bagus antara penjual dan pembeli, hal ini dikarenakan butuh waktu yang cukup lama untuk kesepakatan proses-proses transaksi. Kepada siapapun butuh relasi yang bagus bukan? apalagi rumah / perumahan / ruko masih harus dibangun dari awal.  Tujuannya yaitu untuk kelancaran satu sama lain entah dari pekerja bangunan, pihak developer, dan pembeli, serta tidak menimbulkan saling curiga dikemudian hari. Contoh nyata adalah ketika hanya berelasi baik antara pihak developer dan konsumen saja, dan tidak mengutamakan kesejahteraan pekerja bangunan, bisa jadi ketidak ikhlasan dalam bekerja menimbulkan ketidak sempurnaan dalam proses pembangunan rumah itu sendiri. Entah itu 1 tahun kedepan, 4 tahun, 10 tahun kedepan, mungkin akan terjadi ketidak-beresan, bahkan membutuhkan biaya yang  tidak sedikit untuk penyempurnaan kembali.
Pantau terus perkembangan bangunan rumah / ruko anda bila memang harus dibangun dari awal, rajin-rajinlah memantau. Relasi yang baik bisa dibentuk melalui sikap memberi dan menerima. Berbagilah ilmu kesuksesan kita tentang jerih payah kita bekerja selama ini (apakah developer perumahan ikut respon dengan profesionalisme-nya kita?), tujuannya agar satu sama lain tidak menimbukan kecurigaan, dan sikap negatif. Justru bila kita apresiatif dalam ber-relasi, menjadi daya tarik tersendiri.
kritik dan saran di tunggu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar